15 January 2007

Menemukan konten untuk Website Buntet

Alhamdulillah
Pagi ini saya menemukan bahan tulisan untuk kelengkapan website pesantren buntet. Website ini didedikasikan untuk buntet sebagai hadiah dan kiprah saya kepada pesantren yang telah membesarkan saya. Kemampuan dibidang membuat website ini masih amatir kok. dari banyak kasus web yang saya buat biasanya tidak maksimal termasuk website terakhir yang tengah saya garap www.buntetpesantren.com.

Web site ini sungguh menarik untuk diexplor karena dalam pembuatan web ini baik isi maupun model-modelnya, tergantung saya. Hanya saja para kontributor yang siap mengisi web ini masih sangat terbatas. Herannya, teman-teman yang terlibat dalam web ini responnya kurang maksimal. Herannya lagi kenapa saya sebagai admin dan Pak Dhabas sebagai pendana tidak luntur rasa bosannya.


What I find is what I need.... hotcha... inilah yang dicari-cari
http://epress.anu.edu.au/islamic/itc/mobile_devices/ch07s04.html ternyat aorang luar sendiri telah mengerti budaya pesantren khususnya Buntet daripada orang-orang Buntetpesantren sendiri. data yang ada ini melebihi dari cukup. Rupanya web ini adalah sebuah buku atau perpustakaan yang ada di Australia yang membicarakan masalah kebudayaan Islam di Cirebon.
Data yang saya temukan di sini lebih lengkap dari arsip yang ada di Buntet Pesantren sendiri.

Alasan saya ikut terlibat dalam pembuatan web ini dalam rangka belajar. Wong semuanya juga sudah tersedia dalam template. system web juga tersedia banyak sekali. Kebetulan saya mengenal joomla dan inilah system yang dipakai.

Joomla dan induknya (???) aduh lupa apa yaa... dibanding CMS lainnya menurut saya lebih unggul. Joomla terkesan lebih elegan dalam penambilannya, pengaturan konten dan pengayaan componen dan modul sangat didukung oleh pihak ketiga (3rd party) dan itu tersedia bejibun jumlahnya, baik yang gratisan maupun yang bayar. Templatenya terutama bagi saya tersdia banyak sekali yang gatis, dan lebih mudah dimodified. Sementera woordpress, multiply, blogspot, blogsome dll lebih familiar biasanya untuk blog pribadi.

No comments: